Supply Chain Management ala Tokopedia
Dahulu, jika kita ingin membeli barang, kita harus datang langsung ke tokonya, namun dengan berkembangnya teknologi, hanya dengan bermodalkan smartphone kita sudah dapat membeli barang dan tinggal menunggu barang tersebut sampai ke rumah. Salah satu startup bidang e-commerce adalah Tokopedia.
Tokopedia merupakan salah satu situs jual beli online di Indonesia yang perkembangannya terhitung cepat dan memiliki tujuan untuk memudahkan setiap masyarakat di Indonesia, agar dapat melakukan aneka transaksi jual beli secara online (Tokopedia, 2022). Tokopedia dalam proses bisnisnya tentu memiliki rantai pasok. Rantai pasok adalah gambaran aliran informasi, dana, dan produk yang bergerak dari pemasok, produsen, distributor, pengecer, jasa logistik hingga pelanggan di sepanjang rantai (Chopra, Meindl, & Kalra, 2016).
Siapa saja pelaku rantai pasok dari Tokopedia? Rantai pasok dari Tokopedia terdiri atas pemasok Tokopedia, Tokopedia, gudang Tokopedia, kurir, dan pelanggan. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat gambar di bawah ini.
Di dalam mengatur rantai pasokan ini diperlukan manajemen rantai pasok. Manajemen rantai pasok adalah manajemen proses yang mengubah bahan mentah menjadi suatu produk akhir dan mencakup aliran barang dan jasa
Pemasok Tokopedia yaitu pemilik toko online. Pemilik toko online sebelumnya mengunduh Aplikasi Tokopedia dan mendaftar terlebih dahulu untuk mendapatkan akun. Setelah memiliki akun, pemilik toko dapat membuka toko, memasukkan informasi barang yang dijual, dan berinteraksi dengan pelanggan untuk proses transaksi jual beli. Selain itu pemasok dapat melakukan pengembalian dana dan retur (pengembalian barang) jika terdapat masalah dalam pesanan. Pemasok dalam mengirim barang dagangannya dapat menggunakan jasa kurir yang tersedia atau dapat dengan menitipkan barang dagangannya kepada gudang Tokopedia. Pemasok juga dapat mengecek proses pengiriman sudah sampai mana di Aplikasi
Tokopedia.
Tokopedia sebagai penyedia jasa aplikasi. Tokopedia ini menjadi platform untuk proses jual beli dan pengembalian dana & retur. Tokopedia memanfaatkan sistem informasi untuk seluruh proses jual beli termasuk retur, semua ini dilakukan secara online. Tokopedia juga mengatur manajemen gudang Tokopedia melalui sistem informasinya. Tokopedia menerapkan sistem informasi manajemen yang terpadu untuk mengatur arus data dan arus transaksi, diantaranya penginputan data, pemrosesan data, ouput data, penyimpanan data, dan pengendalian data di dalam aplikasinya
Gudang Tokopedia atau yang disebut gudang Dilayani Tokopedia adalah fitur yang disediakan oleh Tokopedia bagi pemasok sehingga pemasok dapat menitipkan dagangannya kepada Tokopedia dengan mengirimkannya ke gudang Tokopedia. Gudang Dilayani Tokopedia ini terdapat di 6 kota yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, dan Makassar. Untuk dapat menggunakan gudang Tokopedia, pemasok diharuskan mengisi beberapa formulir secara online yang dapat diakses di microsite Dilayani Tokopedia (https://seller.tokopedia.com/edu/dilayani-tokopedia). Gudang Tokopedia nantinya akan memproses pesanan, mengemasnya dan mengirimnya ke pelanggan
Rantai pasok yang terakhir di Tokopedia adalah pelanggan. Pelanggan dapat mencari barang yang dibutuhkan dan membelinya di dalam Aplikasi Tokopedia. Pelanggan dapat mengecek keberadaan barang yang dikirimkan oleh kurir. Selain itu pelanggan dapat melakukan retur jika terdapat masalah pada barang yang dibeli dengan cara mengisi formulir komplain di Aplikasi Tokopedia. Selanjutnya Tokopedia akan memproses retur tersebut kepada pemasok, jika komplain diterima maka pelanggan dapat mengganti barang yang bermasalah dengan barang baru yang sesuai atau pengembalian dana.
Kesimpulannya adalah Tokopedia memiliki sistem informasi berbentuk aplikasi yang bernama Tokopedia yang berperan pada manajemen rantai pasok Tokopedia. Aplikasi Tokopedia memudahkan rantai pasok untuk mengirimkan aliran informasi, dana, dan produk dari pemasok hingga pelanggan Tokopedia. Dengan menerapkan sistem informasi pada manajemen rantai pasok dapat menghemat biaya dan waktu sehingga dapat meningkatkan pendapatan, menurunkan biaya dan berdampak pada laba perusahaan, khususnya Tokopedia dan pemasok.